Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Jumat, 27 Agustus 2010

Patung Aphrodite

APHRODITE


Dikalangan dunia seni, terutama di dalam dunia seni patung, nama Aphrodite bukanlah nama yang asing lagi di telinga. Aphrodite Merupakan seorang Dewi Cinta dan Dewi Kecantikan dalam mitologi Yunani kuno, sedangkan dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus, Aphrodite masuk ke dalam sebuah legenda yang kekal hingga masih banyak orang yang terbilang awam, tetapi mengenal Aphrodite.

Sepanjang sejarah mengenai kelahiran sang Dewi Kecantikan inipun, terdapat dua legenda yang sampai sekarang masih banyak kelompok yang menperdebatkannya. Pada legenda yang pertama Dewi Cinta ini lahir dari pernikahan antara Zeus dengan Dione. Tetapi pada legenda yang lain, sang Dewi Cinta ini lahir dari alat kelamin Uranus, sang Titan yang dikebiri oleh Cronus.

Alkisah, dahulu nama Aphrodite sangatlah populer di kalangan para Dewa dikarenakan kecantikannya yang luar biasa, sehingga membuat Ayahnya, Zeus khawatir akan terjadi peperangan antar Dewa, demi memperebutkan putrinya tersebut. Akhirnya, Zeus memutuskan untuk menikahkan putrinya dengan Hephaestus, dan memiliki seorang anak bernama Eros yang kemudian dikenal dengan sebutan Dewa Asmara. Tetapi ditengah perjalanannya, sang Dewi Kecantikan ini berselingkuh dengan Ares, sang Dewa Perang, dan mereka memiliki dua putra, yaitu Deimos dan Phobos, lalu seorang putri yang bernama Harmonia.

Wujud dari Aphrodite itu sendiri di digambarkan dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah patung dan lukisan. Dari patung dan lukisan tersebut terdapat berbagai jenisnya juga. Misalnya patung Aphrodite dari Knidos, patung Aphrodite dari Milos, patung Aphrodite dari Medici, Patung Aphrodite dari Rhodos, lukisan Aphrodite dan Eros, dan lain-lain.
II.1 Lukisan Aphrodite dan Eros II.2 Patung Aphrodite dari Knidos II.3 Lukisan Aphrodite
II.4 Patung Aphrodite dan Eros II.5 Patung Aphrodite dari Milos II.6 Patung Aphrodite dari Rhodos











BAB III

PEMBAHASAN



III.1 Patung Aphrodite dari Knidos




III.1.a Patung Aphrodite dari Knidos tampak depan III.1.bPatung Aphrodite dari Knidos

Dan belakang




Patung Aphrodite dari Knidos adalah karya dari Praxiteles pada 350 - 340 SM. Patung ini merupakan salah satu patung terkenal pada zaman Yunani Kuno. Pada patung ini terasa sensasi yang berbeda, karena pada patung dewa atau dewi sebelumnya tidak ada yang telanjang bulat, tetapi Parxiteles menampilkan patung dewi cinta ini dalam keadaan telanjang bulat. Figur wanita telanjang pada masa terdahulu kadang-kadang ditemukan pada vas dan itu figur wanita telanjang itu dimaksudkan untuk menggambarkan figur seorang pelayan, bukannya bangsawan ataupun dewi.

Pada patung ini Aphrodite dipahat dengan gaya contrapposto yang sedang bersiap mandi dengan gaya natural. Digambarkan Aphrodite sedang menaruh kain atau pakaiannya diatas bejana air dengan tangan kirinya, sedangkan tangan kanannya menutupi bagian kemaluannya. Sehingga jelas gayanya bersifat natural tapi terlihat sensual.



III.2 Patung Aphrodite dari Milos

III.2 Patung Aphrodite dari Milos

Patung Aphrodite dari Milos adalah karya dari Alexandros of Anthioch on the menader pada 150 - 125 SM. Patung gaya kontraposto ini lebih sopan dan sensual dari Patung Aphrodite dari Knidos.

Pada patung aslinya, ditangan kirinya aphrodite sedang memegang apel yang akan diberikan kepada Paris sebagai penghargaan untuk dewi tercantik, sedangkan ditangan kanannya ia seolah-olah sedang menahan kain dekat paha kirinya agar tidak turun. Dari tampilannya yang setengah telanjang inilah disimpulkan bahwa patung ini lebih terkesan sensual dibanding patung Aphrodite dari Knidos.





III.3 Aphrodite dari Medici

Patung Aphrodite dari Medici adalah karya dari Sandro Botticelli pada abad 2 SM. Patung bergaya kontraposto ini merupakan kopian dari patung Aphrodite dari Knidus. Patung ini lebih terlihat elegan dibandingkan patung Aphrodite dari Knidus, walaupun sama-sama telanjang.

Patung ini menggambarkan Aphrodite yang keluar dari laut sebagai wujud ia lahir dengan lumba-lumba di sebelah kaki kirinya. Pada patung ini terlihat sopan karena ia digambarkan sedang menutup kemaluannya dengan tangan kirinya dan tangan kanannya menutup payudaranya. Patung ini terus populer sampai abad ke-19.




III.3 Patung Aphrodite dari Medici











BAB IV

ANALISA


IV.1 Persamaan

Patung Aphrodite memang sangat menarik sekali bagi setiap orang yang pertama kali melihatnya, tetapi tidak tertutup untuk orang yang sudah berkali – kali melihatnya. Rasa kagum yang mendalam tak dapat tertutupi dari kecantikan yang muncul dari patung Aphrodite ini. Bila kita cermati secara sepintas, mungkin kita tidak dapat mengetahui dari manakah jenis patung Aphrodite yang dilihat. Tetapi dari gambar di bawah ini, dapat kita lihat persamaan yang muncul dari patung – patung tersebut.




IV.a Patung Aphrodite dari Knidos IV.b Patung Aphrodite dari Milos IV.c. Patung Aphrodite dari Medici

Maka, persamaan dari ketiga patung ini adalah :

  • Patung berbahan dasar Marmer

  • Patung tersebut menggambarkan sosok Dewi Kecantikan, yang di semua patung, pada bagian dadanya tanpa busana.

  • Arah wajah dari patung menghadap ke kiri

  • Salah satu dari kaki patung maju ke depan ( kontraposto )

IV.2 Perbedaan

Nama Patung

Aphrodite dari Knidos

Aphrodite dari

Milos

Aphrodite dari Medici


Gambar


Karya dari


Praxiteles

Alexandros of Anthioch on the menader


Sandro Botticelli

Tahun

350 - 340 SM

150 - 125 SM

2 SM


Bentuk

Terbuka semua, tanpa busana.

Setengah terbuka, dengan bagian perut ke bawah tertutup.

Terbuka, tetapi menutupi bagian dada dan kelamin.


Gaya Patung

Wanita anggun dengan menahan tangan kiri pada patung lainnya.

Wanita anggun tanpa tangan di sisinya kirinya dan hanya seperempat lengan di sisi kanan.

Wanita anggun dimana kedua tanggannya menutupi bagian dada dan kelamin.




















BAB V

KESIMPULAN


Setelah mengetahui, mengamati ,dan mencermati keindahan dari patung Aphrodite ini, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa patung Aphrodite ini memang sangat menarik sekali bagi setiap orang yang melihatnya. Rasa kagum yang mendalam tak dapat tertutupi dari kecantikan yang muncul dari patung Aphrodite ini.

Terdapat banyak jenis patung Aphrodite , antara lain Aphrodite dari Knidos, Aphrodite dari Milos , Aphrodite dari Medici, dan masih banyak lagi . Dapat kita lihat secara sepintas bahwa patung tersebut sama- sama terbentuk dari sebuah ilham yang menggambarkan sosok seorang Dewi Kecantikan, yaitu Aphrodite.

Dan, bila kita cermati dan amati lebih dalam, terdapat beberapa perbedaan yang mendasar dari ketiga jenis patung tersebut. Beberapa perbedaan yang ditemukan oleh penulis antara lain adalah :

  • Tahun pembuatan patung tersebut

  • Orang atau pemahat dari patung tersebut

  • Gaya dari patung tersebut

  • Bentuk dari patung tersebut

Dan persamaan dari patung tersebut adalah :

    • Patung berbahan dasar Marmer

    • Patung tersebut menggambarkan sosok Dewi Kecantikan, yang di semua patung, pada bagian dadanya tanpa busana.

    • Arah wajah dari patung menghadap ke kiri

    • Salah satu dari kaki patung maju ke depan ( kontraposto )

Inilah mengapa sampai sekarang ini patung Aphrodite tetap menjadi incaran para kolektor yang mengagumi keindahan hasil karya pada jaman Yunani kuno ini. Begitu pula pada penulis, Aphrodite menyimpan kesan sendiri pada penulis yaitu patung pahatan yang indah.
























DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar: